Kisi-Kisi Soal UKK PAI Kelas 7 Terbaru - Kami sampaikan disini untuk bisa anda ketahui juga untuk bisa menjawab soal yang kami sampaikan untuk Kisi-Kisi soal UKK PAI kelas 7 yang pastinya bisa menjadi bermanfaat buat kamu semua untuk itu maka langsung anda bisa mendapatkan info yang kami berikan kepada anda semua. disini selengkapnya oke.
Kisi-Kisi Soal UKK Ulangan Kenaikan Kelas Mapel PAI (Pendidikan Agama Islam) Kelas VII Tahun 2015
No. | Kompetensi | JmlSoal | Indikator |
1
| 9.1Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
9.2Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati.
9.3Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
|
9
|
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian hukum bacaan Ikhfa’ syafawi.
- Peserta didik dapat menyebutkan nama bacaan nun mati bertemu dengan huruf lam atau ra’
- Disajikan beberapa penggalan ayat Al Qur’an peserta didik dapat menyebutkan contoh bacaan idhar syafawi,
- Peserta didik dapat menyebutkan nun mati/tanwin bertemu dengan huruf mim
- Disajikan ayat Al Qur’an yang mengandung bacaan nun mati/tanwin, peserta didik dapat menyebutkan contoh bacaan idhar
- Disajikan ayat Al Qur’an yang mengandung bacaan nun mati/tanwin, peserta didik dapat menyebutkan contoh bacaan ikhfa’
- Disajikan beberapa penggalan ayat Al Qur’an peserta didik dapat menyebutkan contoh bacaan idgham mutamatsilain
- Disajikan beberapa penggalan ayat Al Qur’an peserta didik dapat menyebutkan contoh bacaan idhar safawi
- Disajikan beberapa penggalan ayat Al Qur’an peserta didik dapat menyebutkan contoh bacaan ihfa’ syafawi
|
2
|
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.
10.2 Menjelaskan tugas-tugas Malaikat.
|
9
|
- Peserta didik dapat menyebutkan pengertian Iman kepada malaikat-malaikat Allah
- Disajikan data nama dan tugas malaikat, siswa dapat menentukan pasangan yang sesuai
- Disajikan data beberapa sifat malaikat dan bukan malaikat, siswa dapat menentukan yang termasuk sifat malaikat
- Disajikan QS Ibrahim ayat 7, siswa dapat menterjemahkan lafadz yang digaris bawahi
- Siswa dapat menyebutkan tugas malaikat Israfil
- Siswa dapat menyebutkan asal kejadian jin/syetan
- Disajikan QS, Ar Rahman ayat 15, siswa dapat menyebutkan pesan yang terkandung didalamnya
- Siswa dapat menentukan mahluk Allah yang tidak mau bersujud kepada Allah
- Peserta didik dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Malaikat-malaikat Allah
|
3
|
11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
|
5
|
- Peserta didik dapat menyebutkan pengertian kerja keras
- Peserta didik dapat menyebutkan pengertian teliti
- Peserta didik dapat menyebutkan yang bukan manfaat sikap ulet
- Disajikan hadits riwayat Baihaqi tentang teliti, peserta didik dapat menyimpulkan pesan yang terkandung didalamnya.
- Disajikan data, peserta didik dapat menentukan yang bukan termasuk contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet dan teliti,
|
4
| 12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at
12.2 Mempraktikkan shalat Jum’at. |
10
|
- Peserta didik dapat menyebutkan pengertian shalat jum’at.
- Peserta didik dapat menyebutkan waktu untuk melaksanakan shalat jum’at
- Disajikan data, peserta didik dapat menyebutkan syarat wajib shalat jum’at
- Ditampilkan Q.S al Jum’ah ayat 9, peserta didik dapat menterjemahkan yang digaris bawahi.
- Disajikan data, peserta didik dapat menyebutkan sunnah menghadiri shalat jum’at
- Peserta didik dapat menyebutkan sikap ketika mendengarkan khutbah.
- Disajikan data, peserta didik dapat menyebutkan beberapa halangan yang dapat meggugurkan kewajiban melakukan shalat jumat.
- Peserta didik dapat menyebutkan salah satu fungsi shalat jum’at dalam kehidupan
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian khotib
- Peserta didik dapat menjelaskaan hukum shalat jum’at bagi seorang perempuan.
|
5
| 13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qasar.
|
10
|
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian shalat jamak ta’khir.
- Disajikan data, peserta didik dapat menyebutkan syarat shalat jamak
- Peserta didik dapat menentukan pasangan shalat yang boleh di jamak
- Disajikan ilustrasi orang yang bepergian jauh, peserta didik dapat menyebutkan nama shalat jamaknya.
- Peserta didik dapat menjelaskan pengertian shalat jamak qashar.
- Disajikan data, peserta didik dapat menyebutkan shalat yang bisa di qashar
- Peserta didik dapat menjelaskan cara mengerjakan tata shalat jamak qashar.
- Peserta didik dapat menentukan shalat yang tidak boleh dijamak maupun diqashar
- Peserta didik dapat menjelaskan pada saat apa kita diperbolehkan melaksanakan shalat jamak atau jamak qashar
- Peserta didik dapat menjelaskan arti ruhshah
|
6
| 14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk menyempur-nakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.
14.2Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahtera-an, dan kemajuan masyarakat.
|
7
|
- Disajikan illustrasi tentang perilaku zaman jahiliyah, peserta didik dapat menentukan makna jahiliyah
- Peserta didik dapat mengartikan “uswatun hasanah”
- Ditampilkan hadits peserta didik dapat menterjemahkannya.
- Peserta didik dapat menyebutkan pengertian Fatkhu Makkah.
- Peserta didik dapat menyebutkan tahun terjadinya fatkhu makkah.
- Peserta didik dapat menyebutkan pengertian Assabiqunal awwalun
- Ditampilkan data nama-nama sahabat Rasul, peserta didik dapat menentukan sahabat rasul yang tergolong assabiqunal awwalun.
|
Semoga dengan contoh soal kisi-kisi UKK PAI kelas 7 tersebut bisa bermanfaat buat kamu yang sangat membutuhkan soal tersebut.