Pengertian Reportase dan Jurnalisme Baru

Pengertian Reportase dan Jurnalisme Baru

Pengertian Reportase dan Jurnalisme Baru

Pengertian Reportase dan Jurnalisme BaruReportase adalah karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu  peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung atau belum lama berlangsung untuk keperluan berita di media massa. Untuk lebih detail nya yuk kita simak pembahasannya.

Pengertian Reportase

Reportase adalah karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu  peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung atau belum lama berlangsung untuk keperluan berita di media massa. Bersifat informasi aktual. Contoh reportase, yaitu berita langsung tentang kejadian bencana alam gempa jogja, atau  janjir di Jakarta.

Pengertian Reportase & Jurnalisme Baru (New Journalism)

Jurnalisme Baru (New Journalism)

Jurnalisme Baru (new journalism)  adalah semacam  berita  yang  dituliskan ke dalam bentuk novel atau cerita pendek. Karena berbentuk cerita, unsur-unsur pembangun sebuah cerita seperti, alur, tokohtokoh, latar, dan kon?ik, dipenuhi meskipun isinya merupakan fakta atau kejadian yang sebenarnya.

Isi jurnalisme baru merupakan hal-hal kejadian luar biasa  yang menghebohkan atau menggemparkan seperti kejahatan sadis, peperangan, dan musibah besar yang menarik perhatian masyarakat atau dunia.

Dalam jurnalisme baru, diungkapkan hal-hal dari peristiwa tersebut yang belum terungkap ialah pemberitaan media massa, seperti latar belakang, motif, tujuan, jalan pikiran, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, penulis jurnalisme baru harus berusaha mengumpulkan sebanyakbanyaknya data dari narasumber, tokoh yang terlibat atau para saksi dari kejadian yang akan diungkapkan.

Contoh tulisan jurnalisme baru, yaitu perang Vietnam, Perlharbour, In Cold Blood (peristiwa pembunuhan sadis�berdarah dingin�terhadap empat keluarga petani di Kansas Amerika Serikat), atau kisah Kusni Kasdut, penjahat besar di era tahun 60-an di Indonesia, dan sebagainya.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Reportase dan Jurnalisme Baru. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Terima kasih.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×