Pengertian Unsur-unsur serta Struktur Puisi

Pengertian Unsur-unsur serta Struktur Puisi

Pengertian Unsur-unsur serta Struktur Puisi

Pengertian Unsur-unsur serta Struktur Puisi - Hai sob yang cerdas, Berikut ini adalah pembahasan tentang Puisi yang meliputi pengertian puisi, pengertian puisi menurut para ahli, unsur-unsur puisi, struktur puisi, struktur fisik puisi, struktur batin puisi.

Puisi adalah suatu bentuk dalam karya sastra yang berasal dari hasil suatu perasaan yang di ungkapkan oleh penyair dengan bahasa yang menggunakan irama, rima, matra, bait dan penyusunan lirik yang berisi makna.
Di dalam puisi juga berisi suatu ungkapan perasaan dan pikiran dari penyair yang menggunakan imajinasinya. Kemudian ia berkonsentrasi untuk menyusun puisi dengan kekuatan bahasa, baik secara fisik maupun batin.

Sebuah puisi biasanya mengutamakan sebuah bunyi, bentuk serta makna yang terkandung untuk disampaikan. Keindahan pada puisi menjadi kualitas estetika yang begitu indah. Ada beberapa pengertian puisi menurut para ahli.

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Dari beberapa ahli tantang puisi, mereka mempunyai benyak sekali pendapat mengenai pengertian puisi. Namun beberapa pengertian yang mereka simpulkan tersebut sebenarnya hampir sama saja. Ini dia pengertiannya:


Unsur-unsur Puisi

Dalam sebuah puisi, pasti mempunyai 2 struktur, baik unsur-unsur puisi secara fisik maupun dalam secara batin. Unsur-unsur puisi itu antara lain sebagai berikut:

 Struktur Fisik Puisi

1. Diksi

Diksi adalah kata-kata yang telah dipilih oleh seorang penyair untuk dimasukkan kedalam puisi.

2. Imajinasi

Imajinasi adalah susunan suatu kata yang mengungkapkan suatu pengalaman dari penyair yang sesuai pengalaman indrawinya. Pengalaman indrawinya tersebut bisa  berupa pendengaran, penglihatan maupun perasaan.

3. Perwajahan puisi

Perwajahan puisi adalah suatu bentuk kata dan pengaturan baris kata yang ada pada puisi.

4. Kata konkret

Kata konkret adalah penggunaan suatu kata yang bisa memungkinkan untuk mendatangkan sebuah imajinasi pada pikiran atau perasaan penyair. Baik itu pada indra penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan maupun sentuhan. Yang bisa menunjukkan suatu keadaan, benda maupun rupa dan lainnya.

5. Gaya bahasa

Gaya bahasa adalah penggunaan suatu bahasa yang kemudian bisa menimbulkan banyak makna. Di dalam puisi gaya bahasa biasa disebut dengan majas.

6. Rima atau Irama

Rima atau irama adalah suatu persamaan yang ada pada bunyi sebuah puisi yang berada pada awal, tengah maupun akhir puisi. Sehingga menimbulkan efek irama yang menonjol pada puisi. Sehingga pendengar puisi bisa terbawa akan apa yang disampaikan pada puisi tersebut.

Struktur Batin Puisi

1. Tema

Tema pada struktur puisi ini adalah kandungan makna yang akan disampaikan dari dalam puisi yang disampaikan tersebut kepada pendengar. Baik itu pada kata, nada baris maupun pada keseluruhan puisi.

2. Rasa

Rasa pada struktur puisi adalah suatu perasaan yang disampaikan oleh penyair. Yang memang menyangkut pada apa yang dialami si penyair tersebut yang kemudian disampaikan melalui puisi.

3. Nada 

Nada pada struktur puisi adalah nada yang digunakan pada saat menyampaikan puisi tersebut haruslah saling berkaitan.

4. Tujuan

Tujuan pada struktur puisi adalah puisi tersebut haruslah mempunyai amanat atau pesan kepada si pendengar.

Demikianlan pembahasan pembahasan tentang Puisi yang meliputi pengertian puisi, pengertian puisi menurut para ahli, unsur-unsur puisi, struktur puisi, struktur fisik puisi, struktur batin puisi. Semoga bermanfaat dan Terima kasih telah membagikan.

Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×