Pengertian Tips & Contoh Karangan Berisi Tips

Pengertian Tips & Contoh Karangan Berisi Tips

Pengertian Tips & Contoh Karangan Berisi Tips

Pengertian Tips & Contoh Karangan Berisi Tips - Teman-teman pasti sudah tau Apa itu tips? dalam Bahasa Indonesia Tips adalah karangan yang berisi uraian tentang tata cara atau langkah-langkah operasional dalam melakukan atau membuat sesuatu. Untuk lebih detailnya mari kita simak penjelasannya.

Pengertian Tips

Tips adalah karangan yang berisi uraian tentang tata cara atau langkah-langkah operasional dalam melakukan atau membuat sesuatu. Disajikan dengan ringan, sederhana, dan bahasa yang populer. Karangan ini termasuk jenis artikel ekspositoris.

Pengertian Tips & Contoh Karangan Berisi Tips

Contoh karangan berisi tips


BEBERAPA CARA MEMBASMI KETOMBE

Ketombe memang amat menjengkelkan, tidak hanya bagi wanita, tapi juga bagi pria. Apabila rambut dihinggapi ketombe, kulit kepala terasa gatal yang luar biasa, terutama bila terkena sinar matahari.

Bila Anda terkena penyakit ini, dan belum menemukan obat yang mujarab, di sini dapat Anda temukan beberapa cara yang mudah untuk mengatasinya. Cobalah salah satu cara berikut, yang menurut Anda paling sesuai dan paling mudah untuk Anda lakukan.

Cara pertama adalah dengan menggunakan daun kikim (istilah Sunda: daun antahan). Petiklah kira-kira 25 lembar daun kikim ini, tumbuk sampai halus, kemudian sedu dengan 1 liter air panas. Setelah airnya menjadi hangat-hangat kuku, pakailah untuk membahasi rambut Anda sampai rata.

Biarkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian keramaslah rambut Anda seperti biasa. Ulangi ini sampai tiga kali selama seminggu, dan ketombe yang senantiasa menganggu akan lenyap, tanpa Anda harus mengeluarkan biaya yang besar.

Jika Anda mengalami kesukaran mendapatkan daun kikim, cobalah buah mengkudu. Cara ini pun cukup mudah. Sediakan 2 atau 3 buah mengkudu, bubuhi air setengah gelas, dan remas-remas.

Setelah lumat saring untuk mengambil airnya. Pakailah air perasan buah ini untuk keramas. Biarkan selama 5 menit, cucilah rambut Anda seperti biasa. Untuk menghilangkan baunya yang kurang sedap, pakailah shampoo seperti biasa.

Air rendaman daun kangkung yang masih muda pun dapat  menghilangkan ketombe. Caranya cukup sederhana. Sediakan daun kangkung yang masih muda sebanyak kira-kira 20 tangkai. Sebaiknya petiklah sendiri di tempatnya agar getah yang dihasilkan lebih banyak.

Cincang-cincanglah daun kangkung itu. Kemudian rendam di dalam sebaskom air. Setelah selama satu malam, air rendaman itu akan berwarna kebiru-biruan. Pakailah air ini untuk keramas setiap hari.

Kepala yang berketombe berat akan terasa pedih bila dikeramas dengan air rendaman kangkung ini, dan makin sering keramas akan makin berkurang pedih maupun gatalnya sehingga akhirnya akan hilang sama sekali.

Untuk mencegah agar jangan sampai berketombe lagi, keramasilah rambut Anda dengan air rendaman kangkung seperti ini seminggu sekali secara rutin. Setiap kali keramas, air rendaman kangkung harus baru.

Resep ini hanya untuk satu kali pakai. Dan jangan pula lupa bahwa setiap selesai keramas dengan air rendaman kangkung ini Anda harus mencuci rambut dengan air sampai bersih. Boleh juga Anda gunakan shampoo seperti biasanya. Selamat mencoba, semoga Anda terbebas dari ketombe yang menjengkelkan.

(Ditulis oleh Yulia Ain Sani dalam �Menulis Secara Populer� oleh Ismail Marahimin, 2001)

Demikianlah pembahasan tentang Tips & Contoh Karangan yang Berisi Tips. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan acuan dalam mempelajari Bahasa Indonesia. Terima kasih.

Sumber : Bahasa Indonesia 3 Untuk SMK/MAK Semua Program Kejuruan Kelas XII
Share this with short URL: Get Short URL loading short url

You Might Also Like:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar Yang Disukai

0 Comment

Add Comment

Gunakan konversi tool jika ingin menyertakan kode atau gambar.


image
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parser Box

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS] - lihat di sini

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed
×
×