Contoh Makalah Evaluasi Pendidikan - Kalau kita semua untuk membuat makalah yang baik dan benar maka kita harus merancang dengan cara yang sesuai dengan tema kita, dengan itu maka kami sampaikan kepada anda semua contoh makalah yang pastinya bisa menjadi bahan untuk membuat makalah evaluasi pendidikan.
Untuk membuat anda harus melihat contoh yang benar dan sesuai dengan keinginan anda untuk itu buatlah yang bisa membuat orang yang membaca sangat terkesima dengan isi dari tulisan anda dan bisa menjadi rincian untuk mereka. Untuk membuat juga harus mempunyai setruktur dan format yang harus tepat sehingga apa yang kita sampaikan bisa dimengerti oleh para membaca.
Untuk itulah admin surat dan proposal menyampaikan contoh makalah evaluasi pendidikan ini supaya bisa menjadi salah satu contoh makalah anda didalam dunia pendidikan, yang pastinya bisa menjadi pentunjuk buat anda yang ingin membuat makalah pendidikan nantinya.
BAB IPENDAHULUANSecara formal, pendidikan diselengarakan disekolah. Hal itu sering sering dikenal dengan pengajaran dimana proses belajar mengajar yang melibatkan banyak factor baik pengajar, pelajar, bahan/materi, fasilitas maupun lingkungan. Pengajaran dilaksanakan tidak hanya untuk kesenangan atau bersifat mekanis saja tetapi mempunyai misi atau tujuan bersama. Dalam usaha untuk mencapai misi dan tujuan itu perlu diketahui apakah usaha yang dialakukan sudah sesuai dengan tujuan? Jika iya, sudah sejauh mana ditempuh? Apakah anak didiknya engalami kemunduran didalam belajar atau peningkatan, dan kalau mengalami kemunduran apakah penyebabnya?Oleh karena timbulnya pertanyaan-pertabyaan itu,maka dari itulah kami menyajikan beberapa hal tentang salah satu teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan dalam penilaian terhadap anak didik, baik itu tentang kemampuan belajar, sikap, keterampilan, sifat, bakat, minat dan kepribadian. Adapun teknik yang akan dijelaskan dalam makalah ini adalah teknik nontes. Salah satu teknik yang sangat membantu dalam penilaian terhadap hal-hal yang bersangkutan dengan siswa.BAB IIPEMBAHASANA. Pengertian Tehnik NontesTehnik penilaian nontes berarti melaksanakan penilain dengan tidak mengunakan tes. Tehnik penilaian ini umumnya untuk menilai kepribadian anak secara menyeluruh meliputi sikap, tingkah laku, sifat, sikap sosial, ucapan, riwayat hidup dan lain-lain. Yang berhubungan dengan kegiatan belajar dalam pendidikan, baik secara individu maupun secara kelompok.Keberhasilan siswa dalam proses belajar-mengajar tidak dapat diukur dengan alat tes. Sebab masih banyak aspek-aspek kemampuan siswa yang sulit diukur secara kuantitatif dan mencakup objektifitas misalnya aspek efektif psikomotor.B. Penggolongan Tehnik Nontes1) ObservasiObservasi merupakan suatu pengamatan langsung terhadap siswa dengan memperhatikan tingkah lakuya. Secara umum observasi adalah cara menghimpun bahan-bahan keterangan (data) yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan dan pencatatan secara sistematis terhadap fenomena-fenomena yang sedang dijadikan sasaran pengamatan.Observasi dapat dilakukan pada berbagi tempat misalnya kelas pada waktu pelajaran, dihalaman sekolah pada waktu bermain, dilapangan pada waktu murid olah raga, upacara dan lain-lain.a. Cara dan Tujuan ObservasiMenurut cara dan tujuannya observasi dapat dibedakan menjadi 3 macam:1) Observasi partisipatif dan nonpartisipatifObservasi partisipatif adalah observasi dimana orang yang mengobservasi (observer) ikut ambil bagian alam kegiatan yang dilakukan oleh objek yang diamatinya. Sedangkan observasi nonpartisipatif, observasi tidak mengambil bagian dalam kegiatan yangdilakukan oleh objeknya. Atau evaluator berada “diluar garis” seolah-olah sebagai penonton belaka. Contoh observasi partisipatif : Misalnya guru mengamati setiap anak. Kalau observasi nonpartisipatif, guru hanya sebagai pengamat, dan tidak ikut bermain.2) Observasi sistematis dan observasi nonsitematisObservasi sistematis adalah observasi yang sebelum dilakukan, observer sudah mengatur sruktur yang berisi kategori atau kriteria, masalah yang akan diamatiSedangkan observasi nonsistematis yaitu apabila dalam pengamatan tidak terdapat stuktur ketegori yang akan diamati.Contoh observasi sistematis misalnya guru yang sedang mngamati anak-anak menanam bunga. Disini sebelum guru melaksanakan observasi sudah membuat kategori-kategori yang akan diamati, misalnya tentang: kerajinan, kesiapan, kedisiplinan, ketangkasan, kerjasama dan kebersihan. Kemudian ketegori-kategori itu dicocokkan dengan tingkah laku murid dalam menanam bunga.Kalau observasi nonsistematis maka guru tidak membuat kategori-kategori diatas, tetapi langsung mengamati anak yang sedang menanam bunga.3) Observasi EksperimentalObservasi eksperimental adalah observasi yang dilakukan secara nonpartisipatif tetapi sistematis. Tujuannya untuk mengetahui atau melihat perubahan, gejala-gejala sebagai akibat dari situasi yang sengaja diadakan.[3]Sebagai alat evaluasi , observasi digunakan untuk:a) Menilai minat, sikap dan nilai yang terkandung dalam diri siswa.b) Melihat proses kegiatan yang dilakukan oleh siswa maupun kelompok.c) Suatu tes essay / obyektif tidak dapat menunjukan seberapa kemampuan siswa dapat menjelaskan pendapatnya secara lisan, dalam bekerja kelompok dan juga kemampuan siswa dalam mengumpulkan datab. Sifat ObservasiObservasi yang baik dan tepat harus memilki sifat-sifat tertentu yaitu:1. Hanya dilakukan sesuai dengan tujuan pengajaran2. Direncanakan secara sistematis3. Hasilnya dicatat dan diolah sesuai dengan tujuan4. Dapat diperika validitas, rehabilitas dan ketelitiaanya.c. Kebaikan dan Kelemahan ObservasiObservasi sebagai alat penilain nontes, mempunyai beberapa kebaikan, antara lain:1. Observasi dapat memperoleh data sebagai aspek tingkah laku anak.2. Dalam observasi memungkinkan pencatatan yang serempak dengan terjadinya suatu gejala atau kejadian yang penting3. Observasi dapat dilakukan untuk melengkapi dan mencek data yang diperoleh dari teknik lain, misalnya wawancara atau angket4. Observer tidak perlu mengunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan objek yang diamati, kalaupun menggunakan, maka hanya sebentar dan tidak langsung memegang peran. Selain keuntungan diatas, observer juga mempunyai beberapa kelemahanKelemahan observasi:1.Observer tiidak dapat mengungkapkan kehidupan pribadi seseorag yang sangat dirahasiakan. Apabila seseorang yang diamati sengaja merahasiakan kehidupannya maka tidak dapat diketahui dengan observasi. Misalnya mengamati anak yang menyayi, dia kelihatan gembira, lincah . Tetapi belum tentu hatinya gembira, dan bahagia. Mungkin sebaliknya, dia sedih dan duka tetapi dirahasiakan.2.Apabila si objek yang diobservasikan mengetahui kalau sedang diobservasi maka tidak mustahil tingkah lakunya dibuat-buat, agar observer merasa senang.3. Observer banyak tergantung kepada faktor-faktor yang tidak dapat dapat dikontrol sebelumya.d. Alat Pencatat ObservasiAgar hasil observasi dapat dikumpulkan dengan baik maka sebelumnya guru harus menyiapkan alat untuk observasi yaitu:1.Catatan Anekdot (Anecdotal Record)Yaitu catatan khusus mengenai hasil pengamatan tentang tingkah laku anak yang dianggap penting (istimewa). Catatan anekdot ini ada dua macam yaitu anekdot insidental, digunakan untuk mencatat peristiwa yang terjadi sewaktu-waktu, tidak terus-menerus. Sedangkan catatan anekdot periodik digunakan untuk mencatat peristiwa tertentu yang terjadi secara insedental dalam suatu periode tertentu. Catatan anekdot mempunyai kegunaan dalam melaksanakan observasi trerhadap tingkah laku anak. Kegunaanya untuk memperoleh pemahaman yang lebih tepat tentang murid sebagai individu yang kompleks, memperoleh pemahaman tentang sebab-sebab dari suatu problema yang dihadapinya, dan dapat dijadikan dasar utuk pemecahan masalah anak dalam belajar.2.Daftar cek (Check Lish)Daftar cek adalah sebuah catatan tertulis yang berisi kemungkinan jawaban yang dipilih, dengan tinggal membubuhkan sebuah tanda pada kemungkinan jawaban yang benar. Dalam bentuk daftar cek, semua tingkah laku, sikap yang diobservasi dijabarkan dalam suatu daftar.3.Skala Penilaian (Rating Scale)Dalam skala penilaian, tingkah laku, sikap yang diobservasikan dijabarkan dalam bentuk skala.2) Wawancara (Interview)Wawancara adalah suatu tehnik penilain yang dilakukan dengan jalan percakapan (dialog) baik secara langsung (face to pace relition) secara langsung apabila wawancara itu dilakukan kepada orang lain misalnya kepada orang tuannya atau kepada temanya. Keberhasilan wawancara sebagai alat penilaian sangat dipengaruhi oleh beberapa hal :a. Hubungan baik pewawancara dengan anak yang diwawancarai. Dalam hal ini hendaknya pewawancara dapat menyesuikan diri dengan orang yang diwawancaraib. Keterampilan pewawancaraKeterampilan pewawancara sangat besar pengaruhnya terhadap hasil wawancara yang dilakukan, karena guru perlu melatih diri agar meiliki keterampilan dalam melaksanakan wawancara.c. Pedoman wawancaraKeberhasilan wawancara juga sangat dipengaruhi oleh pedoman yang dibuat oleh guru sebelum guru melaksanakan wawancara harus membuat pedoman-pedoman secara terperinci, tentang pertanyaan yang akan diajukan.Keuntungan dan kelemahan wawancaraKeuntungan wawancara yaitu :1.Wawancara dapat memberikan keterangan keadan pribadi hal ini tergantung pada hubungan baik antara pewawancara dengan objek2.Wawancara dapat dilaksanakan untuk setiap umur dan mudah dalam pelaksaannya3.Wawancara dapat dilaksanakan serempak dengan observasi4.Data tentang keadaan individu lebih banyak diperoleh dan lebih tepat dibandingkan dengan observasi dan angket.5.Wawancara dapat menimbulkan hubungan yang baik antara si pewawancara dengan objek.Sedangkan Kelemahan wawancara sebagai alat penilaina. Keberhasilan wawancara dapat dipengaruhi oleh kesediaan, kemampuan individu yang diwawancaraib. Kelancaran wawancara dapat dipengaruhi oleh keadaan sekitar pelaksaan wawancarac. Wawancara menuntut penguasaan bahasa yang baik dan sempurna dari pewawancarad. Adanya pengaruh subjektif dari pewawancara dapat mempengaruhi hasil wawancaraAda dua jenis wawancara yang dapat pergunakan sebagai alat evaluasi, yaitu:a.Wawancara terpimpin (Guided Interview) yang juga sering dikenal dengan istilah wawancara berstruktur (Structured Interview) atau wawancara sistematis (Systematic Interview).b.Wawancara tidak terpimpin (Un-Guided Interview) yang sering dikenal dengan istilah wawancata sederhana (Simple Interview) atau wawancara tidak sistematis (Non-Systematic Interview), atau wawancara bebas.Hal-hal yang perlu diperhatikan didalam guru sebagai pewawancara yaitu:a. Guru yang akan mengadakan wawancara harus mempunyai back ground tentang apa yang akan ditanyakanb.Guru harus menjalankan wawancara dengan baik tentang maksud wawancara tersebutc. Harus menjaga hubungan yang baikd.Guru harus mempunyai sifat yang dapat dipercayae. Pertanyaan hendaknya dilakukan dengan hati-hati, teliti dan kalimatnya jelasf. Hindarkan hal-hal yang dapat mengganggu jalannya wawancarag. Guru harus mengunakan bahasa sesuai kemampuan siswa yang menjadi sumber datah. Hindari kevakuman pembicaraan yang terlalu lamai. Guru harus mengobrol dalam wawancaraj. Batasi waktu wawancarak.Hindari penonjolan aku dari guru3) Angket (Questionave)Pada dasarnya angket adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh orang yang akan diukur (responden)Pada umumnya tujuan penggunaan anngket atau kuesioner dalam proses pembelajaran terutama adalah untuk memperoleh data mengenai latarbelakang peserta didik sebagai salah satu bahan dalam menganalisis tingkah laku dan proses belajar mereka.Angket sebagai alat penilaian nontes dapat dilaksanakan secara langsung maupun secara tidak langsung. Dilaksanakan secara langsung apabila angket itu diberikan kepada anak yang dinilai atau dimintai keterangan sedangkan dilaksanakan secara tidak langsung apabila nagket itu diberikan kepada orang untuk dimintai keterangan tentang keadaan orang lain. Misalnya diberikan kepada orangtuanya, atau diberikan kepada temannya.Ditinjau dari strukturnya, angket dapat dibagi menadi 2 macam, yaitu angket berstuktur dan angket tidak berstuktur. Angket berstuktur adalah angket yang bersifat tegas, jelas, dengan model pertanyan yang terbatas, singkat dan membutuhkan jawaban tegas dan terbatas pula. Sedangkan angket tidak berstruktur adalah angket yang membutuhkan jawaban uraian panjang, dari anak, dan bebas. Yang biasanya anak dituntut untuk memberi penjelasan-penjelasan, alasan-alasan terbuka.Angket sebagai alat penilaian terhadap sikap tingkah laku, bakat, kemampuan, minat anak, mempunyai beberapa kelebihan dan kelemahan. Kelebihan angket antara lain:a) Dengan angket kita dapat memperoleh data dari sejumlah anak yang banyak yang hanya membutuhkan waktu yang sigkat.b) Setiap anak dapat memperoleh sejumlah pertanyaan yang samac) Dengan angket anak pengaruh subjektif dari guru dapat dihindarkanSedangkan kelemahan angket, antara lain:a) Pertanyaan yang diberikan melalui angket adalah terbatas, sehingga apabila ada hal-hal yang kurang jelas maka sulit untuk diterangkan kembalib) Kadang-kadang pertanyaan yang diberikan tidak dijawab oleh semua anak, atau mungkin dijawab tetapi tidak sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya. Karena anak merasa bebas menjawab dan tidak diawasi secara mendetail.c) Ada kemungkinan angket yang diberikan tidak dapat dikumpulkan semua, sebab banyak anak yang merasa kurang perlu hasil dari angket yang diterima, sehingga tidak memberikan kembali angketnya.4). Pemeriksaan Dokumen (Ducumentary Analisis)Evaluasi mengenai kemajuan, perkembangan atau keberhasilan belajar peserta didik tanpa menguji (tehnik nontes) juga dapat dilengkapi atau diperkaya dengan cara melakukan pemerikasaan terhadap dokumen-dokumen; misalnya dokumen yang memuat infomasi mengenai riwayat hidup (auto biography).Riwayat hidup adalah gambaran tentang keadaan seseorang selama dalam masa kehidupannya. Dengan mempelajari riwayat hidup, maka subjek evaluasi akan dapat menarik suatu kesimpulan tentang kepribadian kebiasaan atau sikap dari obyek yang dinilai.Berbagai informasi, baik mengenai peserta didik, orangtua dan lingkungannya itu bukan tidak mungkin pada saat-saat tertentu sangat diperlukan sebagai bahan pelengkap bagi pendidik dalam melakukan evaluasi hasil belajar terhadap peserta didik.5) Sosiometri[7]Sosiometri adalah suatu penilaian untuk menentukan pola pertalian dan kedudukan seseorang dalam suatu kelompok. Sehnggga sosiometri merupakan alat yag tepat untuk menilai hubungan sosial dan tingkah laku sosial dari murid-murid dalam suatu kelas, yang meliputi stuktur hubungan individu, susunan antar individu dan arah ubungan sosial. Sehingga dengan demikian seorang guru dapat mengetahui bagaimana keadaan hubungan social dari tiap-tiap anak dalam suatu kelompok atau kelas.Langkah yang ditempuh guru dalam sosiometri ada 3 yaitu:a) Langkah pemilihan temanDisini guru menyuruh semua murid untuk memilih teman-temannya yang disenangi secara berurutan sebanyak satu atau dua anak. Dalam memilih anak perlu disebutkan alasan mengapa harus memilih teman itu.Contoh:Nama : TonoKelas : IIIATeman yang saya pilih:1. Candra Karena aktif belajar dan pandai2. Sumarsono Karena tegas dalam berbicara3. Nunung Karena penurutb) Langkah pertabelanGuru membuat tabel dalam materi tes sosiomentri dari data yang telah diperoleh dalam langkah pemilihan teman.Misalnya setiap anak memiliki 2 dari 6 orangc) Langkah Pembuatan Gambar (Sosiogram)Dari data yang telah kita buat dalam metrik sosiometri, dapat pula kita buat sebuah peta atau sosiogram. Dalam pembuatan sosiogram usahakan anak yang paling banyak dipilih diletakan ditengah-tengah, agar dapat mudah diketahui siapa yang paling banyak dipilih.Dengan melihat hasil sosiometri kita dapat mengetahui bagaimana kedudukan dan relasi sosial dari masing-masing anak dalam kelompok. Sehingga hasil dari sosiogram ini dapat dibuat pertimbangan untuk menilai sikap sosial anak dan kepribadiannya dalam kelompok.Sosiometri sebagai alat penilaian nontes sangat berguna bagi guru dalam beberapa hal, antara lain:a) Untuk pembentukan kelompok dalam menentukan kelompok kerja (pembagian tugas)b) Untuk pengarahan dinamika kelompokc) Untuk memperbaiki hubungan individu dalam kelompok dan memberi bimbingan kepada setiap anak.Dari uraian tersebut diatas dapatlah dipahami, bahwa dalam rangka hasil evaluasi hasil belajar peserta didik, evaluasi tidak harus semata-mata dilakukan denan mengunakan alat berupa tes-tes hasil belajar. Teknik-teknik nontes juga menempati kedudukan yang penting dalam rangka evaluasi hasil belajar, lebih-lebih evaluasi yang berhubungan dengan kondisi kejiwaan peserta didik, seperti persepsinya terhadap guru, minatnya, bakatnya, tingkah laku atau sikapnya, dan sebagainya, yang kesemuannya itu tidak mungkin dievaluasi dengan mengunakan tes sebagai alat pengukurnya.BAB IIIKESIMPULANTeknik penilaian nontes berarti melaksanakan penilaian dengan tidak mengunakan te. Tehnik peniaian ini umunya untuk menilai keperibadian anak ecara menyeluruh meliputi sikap, tingkah laku, sifat, sikap sosialucapan, riwayat hidup dan lain-lain yang berhubungan dengan kegiatan elajar dalam pendidkan baik individual maupun secara kelompok.Penggolongan tehnik nontes1. Observasi (pengamatan)Observasi dapat dibedakan menjadi 3 macam:A. Observasi Partisipatif dan nonpartisipatifB. Observasi sistematis dan NonsistematisC. Observasi eksperimental2. Wawancara (interview)Ada 2 jenis wawancara yang dapat dipergunakan sebagai alat evaluasi. Yaitu:A. Wawancara terpimpinB. Wawancara tidak terpimpin3. Angket (Questionave)Ditinjau daru stukturnya angket dapat dibagi menjadi 2 macam:A. Angket berstukturB. Angket tidak berstruktur4. Pemeriksaan Dokumen (Dukomentary Analisis)5. SosiometriLangkah yang ditempuh guru dalam sosiometri ada 3 yaitu:A. Langkah penilaian temanB. Langkah pertabelanC. Langkah pembuatan gambarDAFTAR PUSTAKAAriteunto,Suharsimi. 1993. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidkan. Jakarta : PT. Rineka CiptaSudijono, Anas. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo.Sutomo. 1985. Teknik Penilaian Pendidikan. Surabaya : PT. Bina IlmuSlamela. 1988. Evaluasi Pendidikan.Jakarta : PT. Bina Aksara
Saat ini anda sudah membaca tentang Contoh Makalah Evaluasi Pendidikan yang kami sampaikan diatas, untuk bisa mendpaatkanya anda tinggal salin saja supaya anda bisa edit sesuai dengan keinginan anda sendiri dan bisa menjadi bermanfaat buat anda semua yang saat ini memang ada tugas untuk membuat makalah tentang evaluasi pendidikan.